Pentingnya Arti Sebuah “Pelayanan” Bagi Konsumen
Dalam berwirusaha seseorang selalu berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meraih untung yang sebesar-besarnya. Berbagai cara dilakukan untuk bisa menarik minat konsumen, mulai dari pematokan harga yang relatif rendah, penyediaan fasilitas konsumen , pemberian diskon yang sebesar-besarnya dan lain sebagainya. Namun dari sekian hal diatas , ada satu hal yang terkadang tidak diperhatikan ,yakni cara pelayanan terhadap konsumen. Hal inilah yang seringkali diremehkan ,kebanyakan dari mereka hanya berorientasi pada “harga”.
Memang benar “harga” adalah salah satu faktor yang menjadi penarik minat konsumen terutama untuk konsumen masyarakat tingkat menengah ke bawah . Konsumen/pelanggan lebih senang dihadapkan pada tingkatan harga yang relative “murah”, hingga kebanyakan dari konsumen mengesampingkan kualitas barang yang mereka beli. Padahal kualitas barang itu lah yang justru akan sangat berpengaruh terhadap keamanan dan keselamatan diri mereka sendiri dan juga orang-orang disekitarnya ,contohnya saja pada makanan.
Kita sering melihat masyarakat yang cenderung membeli makanan dengan harga yang murah tanpa memperhatikan mutu dan kualitas makanan tersebut bagi kesehatan mereka . Jika makanan tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh mereka dan berakibat buruk bagi kesehatannya .Sudah jelas pasti…., Bila mereka nantinya beralih pada pedagang lainnya yang lebih bagus pelayanan mutu dan kualitas produknya . Hanya kerena pelayanan mutu dan kualitas produk yang buruk , seorang pengusaha harus kehilangan pelanggannya ,Bukankah kemungkinan itu dapat saja terjadi ? Nah , Jadi “harga” bukanlah penjamin utama dari kepuasan konsumen, “harga” memang penting bagi pelanggan/konsumen namun tetap harus diiringi dengan “pelayanan” yang bagus .
Terkait dengan pelayanan terhadap konsumen , sikap dan perilaku karyawan ataupun atasan(bos) sekalipun sangat berpengaruh. Seorang karyawan/atasan(bos) yang memberikan pelayanan dengan sikap dan perilaku yang bagus , akan dapat menarik minat konsumen/pelanggan untuk kembali lagi menggunakan produk/jasa kita . Seorang kosumen akan lebih senang dan nyaman apabila kita menyambut kedatangan mereka dengan sikap ramah dan sopan . Selain itu ,pelayanan kepada konsumen dapat kita berikan dengan menyediakan pelayanan service berkala dalam jangka waktu tertentu demi menjamin kepuasan pelanggan . Dengan begitu ,hubungan antara produsen dan pelanggan akan dapat terjalin dengan baik sehingga nanti akan timbul kerjasama yang saling bersinergi satu sama lain seperti dalam kebanyakan motto suatu perusahaan “Kami senang , Anda pun Puas” . Jadi, pada dasarnya “pelayanan” amatlah sangat berarti penting bagi para konsumen .

unni
BalasHapus